Prosedur Pengisian EDM Versi Excel 2021-2022

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Evaluasi Diri Madrasah (EDM) adalah suatu proses penilaian mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan ditingkat madrasah berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Melalui EDM,  madrasah dapat mengetahui aspek-aspek yang perlu ditingkatkan, serta kekuatan dan kelemahan  yang ada di madrasah dapat diidentifikasi. Hasil EDM akan  digunakan sebagai bahan untuk menetapkan jenis-jenis program/kegiatan prioritas dalam penyusunan rencana peningkatan dan pengembangan madrasah yang dituangkan dalam rencana kerja dan anggaran madrasah (RKAM).

Pada prinsipnya EDM adalah penilaian yang dilakukan oleh warga madrasah itu sendiri dengan penuh kesadaran dan kejujuran yang akan digunakan oleh madrasah itu sendiri untuk perbaikan mutu pendidikan. Dengan melakukan EDM, madrasah akan memperoleh manfaat sebagai berikut:

  1. mengetahui tingkat pencapaian kinerja madrasah.
  2. mengetahui kekuatan, kelemahan dan tantangan yang dimilikinya madrasah.
  3. mengetahui peluang untuk memperbaiki mutu pendidikan,  menilai keberhasilan  dan melakukan penyesuaian program-program yang ada.
  4. mengetahui jenis kebutuhan yang diperlukan untuk perbaikan mutu.
  5. dapat mengidentifikasi program/kegiatan prioritas bagi peningkatan kinerja madrasah.
  6. bahan penyusunan RKAM.

EDM di setiap madrasah menjadi tanggung jawab kepala madrasah dan dilakukan oleh Tim Inti Madrasah (TIM). Dalam pelaksanaannya, TIM dibantu oleh operator madrasah yang menangani pendataan di madrasah dan program BOS.

Proses penyusunan EDM dilakukan dengan prinsip-peinsip sebagai berikut:

  • EDM dilakukan secara rutin setiap tahun.
  • EDM disusun berdasarkan data dan fakta objektif karena akan digunakan oleh madrasah untuk perbaikan mutu madrasah itu sendiri.
  • Hasil EDM terbuka untuk diketahui oleh semua pihak.
  • EDM dilakukan secara online atau semi online untuk madrasah di daerah yang mengalami kesulitan akses internet.

Dan pada kesempatan ini admin akan share terkait dengan Prosedur Pengisian EDM Madrasah Versi Exvel. Sebelum admin jelaskan sebaiknya bapak/ibu dan teman-teman semuanya mendownload terlebih dahulu aplikasinya.

Ada 3 tiga aplikasi yang sudah fix atau final yang bisa dipakai tapi admin sarankan menggunakan file yang dibawah ini karena untuk mengantisipasi jumlah sub kegiatan yang lebih dari 100 kegiatan. Baik silahkan bapak/ibu dan teman-teman unduh dulu dibawah ini.

APLIKASI EDM-ERKAM FIX 100KEGIATAN

Setelah file di download dan terbuka, di worksheet EDM v.2, lihat kolom E. pertanyaan per indicator yang di kolom E, secara keseluruhan ada 26 pertanyaan, dari 5 kategori yang ada. (A. Kedisiplinan, B. Pengembangan Diri, C. Proses Pembelajaran, D Sarana Prasarana, E. Pembiayaan). Dimulai dari pertanyaan

A1. Siswa menunjukkan perilaku religius dalam aktifitas sehari-hari di madrasah


Dari masing-masing pertanyaan, tersebut, kondisi mana yang paling sesuai dengan kondisi yang sebenarnya di madrasah, lihat dikolom H. Untuk mencocokkan dengan kondisi yang ada, lihat penjelasan disetiap skor. Madrasah ada di skor yang mana yang dianggap sesuai. Misalnya yang sesuai adalah skor 2, maka di H, diketik secara manual angka 2.

Demikian juga untuk pertanyaan yang lain, agar diperhatikan penjelasan disetiap skor.


Apabila skor telah diisi, maka secara otomatis kolom I, J, K dan L akan terisi sendiri. Agar diperhatikan kolom I, J, K dan L tersebut.

Perhatikan kolom I:

-       Jika skor nya 4 atau 3, maka strateginya adalah mempertahankan, karena kondisinya sudah baik dan sangat baik.

-       Jika skornya 1 atau 2, maka strateginya adalah memperbaiki, karena kondisinya rendah dan cukup.

Selanjutnya isi kolom M, untuk menjelaskan alasan memilih skor bagi madrasah untuk setiap pertanyaan. Untuk setiap pertanyaan, disediakan 3 baris, sehingga maksimal alasan yang bisa diberikan adalah 3 alasan.

Misalnya untuk pertanyaan A1, skor yang diberi adalah 2,

Tingkat 2:

Selama 2 semester terakhir, 70%-<90% siswa mengikuti kegiatan sholat berjamaah, tadarus bersama, infaq mingguan, dan ibadah rutin lainnya.   

Alasannya adalah: madrasah telah memiliki fasilitas shalat berjamaah, tapi baru bisa menampung 80% dari keseluruhan siswa madrasah.

 

Jika alasannya hanya satu, maka cukup diisi satu baris saja pada pertanyaan tersebut, 2 baris yang lain dibiarkan saja kosong.

Selanjutnya cari Standar, Kegiatan dan Sub Kegiatan yang sesuai untuk “memperbaiki” kondisi tersebut. Untuk mempermudah mencari kegiatan yang sesuai, lihat di worksheet “daftar sub kegiatan”. Misalnya untuk pertanyaan A1, kegiatan yang sesuai adalah

sub kegiatan 5.14.10 yaitu pemeliharaan dan perbaikan ruang ibadah, tujuannya untuk revitalisasi ruang ibadah agar bisa menampung 100% siswa dari yang sebelum adalah 80%.

Setelah Standar, Kegiatan dan sub kegiatan yang sesuai ditemukan maka kembali ke worksheet EDM, tapi bila tidak ada yang sesuai, gunakan sub kegiatan lainnya yang tersedia di setiap standar, seperti yang warna kuning di bawah.

Kembali ke worksheet EDM, kemudian di kolom “kode” (kolon N), isi kode sub kegiatan yang dianggap sesuai untuk memperbaiki kondisi di madrasah. Cara mengisi bisa dilakukan dengan diketik manual, di copy paste dari worksheet daftar sub kegiatan atau di pilih dari menu scroll down (tanda ke bawah yang disebelah kanan cell kode). Seperti pada gambar.


Apabila kolom kode telah diisi, maka kolon SNP, Kegiatan dan Sub Kegiatan (Kolom O, P, Q) otomatis terisi dengan sendirinya. Agar tidak mengetik manual dikolom tersebut.

Kolom Urutan prioritas R, diisi settelah seluruh sub kegiatan di setiap pertanyaan telah teridentifikasi.

Selanjutnya isi kolom W, Kelompok Sasaran untuk sub kegiatan yang sudah diidentifikasi. Krn sub kegiatannya adalah pemeliharaan dan rehab tempat ibadah bagi siswa, maka kelompok sasaran yang dipilih adalah “siswa”. Caranya dengan klik menu pilhan pada bagian kanan cell.


Selanjutnya menentukan output ( kolom X, Y, Z) dan outcome (AA, AB, AC) dari sub kegiatan:

Sub kegiatan : “Pemeliharaan dan Perbaikan Ruang Ibadah” dan Kelompok sasarannya adalah “siswa” Maka Output adalah:

Tersedia sarana ibadah bagi seluruh siswa, targetnya 100 siswa (misalnya jumlah seluruh siswa adalah 100 siswa)

Sedangkan Outcome: (outcome adalah manfaat dari output)

Kegiatan shalat berjamaah dapat diikuti oleh seluruh siswa, target 98% (dibuat 98% krn tetap ada kemungkinan siswa/siswi yang tidak ikut krn sakit, berhalangan, dll, walaupun sarana ibadahnya telah mampu menampung 100% siswa)

 

Selanjutnya identifikasi komponen biaya utama yang dibutuhkan untuk sub kegiatan yang sudah diidentifikasi.

Untuk Sub Kegiatan “Pemeliaraan dan perbaikan ruang ibadah” komponen biaya utamanya adalah:

-       Material untuk perbaikan ruang ibadah seperti pasir, semen, keramik

-       Peralatan ibadah seperti sajadah, mukena, sarung

Lakukan proses yang sama, untuk semua pertanyaan yang lain.

Setelah semua pertanyaan terisi, dan sub kegiatan teridentifikasi untuk seluruh pertanyaan, maka isi kolom prioritas sub kegiatan.

-       Urutan prioritas sub kegiatan disusun dengan pertimbangan masing-masing madrasah untuk menentukan sub kegiatan man yang paling penting dan mana yang kurang penting. Dan ditulis nomor urutan prioritasnya pada kolom prioritas tersebut.

-       Jika terdapat 20 sub kegiatan maka tentukan mana yang nomor urut 1, 2, 3, 4, dst, sampai 20.


Demikian sedikit penjelasan terkait dengan prosedur pengisian EDM ERKAM Versi Excel, semoga bermanfaat jangan lupa dishare agar informasi ini bermanfaat untuk orang lain. Dan jika memang bapak/ibu dan teman-teman masih kebingungan silahkan download contoh EDM-ERKAM yang sudah terisi DISINI.

Untuk berlangganan artikel dari blog sederhana ini silahkan tekan tombol FOLLOW / IKUTI agar setiap update terbaru dari blog ini teman-teman pertama kali yang dapatkan.

Kemudian jika ada pertanayaan atau saran dan kritikan silahkan tulis dikolom komentar dibawah. Terima kasih.