Prosedur Penggunakan PDAKMI 2021 ( pdakmi.kemenag.go.id )

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesi (AKMI ) wajib dilaksanakan tahun ini, tentunya berbagai macam persiapan harus dilakukan seperti data siswa harus benar-benar valid, kemudian fasilitas yang digunakan mengingat pelaksanaan AKMI ini berbasis komputer.

 

Pada artikel kali ini, admin akan berbagi Prosedur Penggunakan PDAKMI bagi madrasah-madrasah yang kena sebagai piloting tahap 1 untuk pelaksanaan AKMI Tahun 2021 ini.

 


Baik langsung saja kita ke langkah-langkahnya, sebagai berikut:

 

Pertama-tama silahkan login terlebih dahulu ke laman https://pdakmi.kemenag.go.id/ kemudian masukkan username dan password yang sudah terdaftar di AKMI ( lihat gambar )

 


Kedua teman-teman kemudian klik menu TIM MADRASAH lalu masukkan data Tim Madrasah yang sudah dibentuk dengan cara klik tombol TAMBAH. ( lihat gambar 1 ) , setelah itu isi format yang sudah disediakan lalu tekan tombol SIMPAN. ( lihat gambar 2 )

 

gambar 1

gambar 2


Ketiga langkah berikutnya adalah teman-teman klik menu DATA LEMBAGA lalu teman-teman isikan mode pelaksana, status pelaksana, jumlah server, dll ( lihat gambar )

 


Keempat menu berikutnya adalah teman-teman klik DATA SISWA. Untuk memunculkan siswa kedalam pangkalan data ini , teman-teman cukup klik tombol SYNC EMIS pojok kanan atas, maka otomatis nanti data siswa akan tertarik. ( lihat gambar )

 


Kelima menu KELENGKAPAN DATA, ini merupakan menu untuk melihat kelengkapan data yang sudah di isikan pada menu-menu sebelumnya.

 

Keenam pada menu AKMI disini ada beberapa submenu juga seperti Server, Sesi Peserta, Pengawas, Cetak Kartu dan Cetak Absen.

Disini admin sedikit tulis terkait dengan sub menu AKMI ini :

 

a.       Submenu SERVER

Pada SERVER ini teman-teman cukup mengklik tombol TAMBAH SERVER pada pojok kanan atas maka otomatis data SERVER madrasah teman-teman akan masuk. ( lihat gambar )

 


b.      Sesi Peserta

Untuk Sesi Peserta akan muncul data peserta apabila sudah tarik data siswa dari emis barulah kemudian teman-teman bisa mengatur sesi pesertanya.



Itu saja yang bisa admin tulis untuk menu AKMI, terkait dengan pengawas, cetak kartu, dan cetak absesn semuanya bisa dilihat apabila semua data sudah diisi dari tahap pertama tadi.

 

Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat jangan lupa share artikel ini ke media sosial teman-teman agar bisa bermanfaat untuk banyak orang.