Apa itu AKMI ? Apa Bedanya Dengan AKM ? Berikut Penjelasannya
Halo Sobat
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah
Indonesia) dirancang untuk membantu para guru memperoleh informasi yang akurat
tentang kompetensi siswa dalam literasi membaca, literasi numerasi, literasi
sains dan literasi sosial budaya.
Melalui AKMI, diharapkan guru menemukan cara yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid.
Terus apakah perbedaan AKMI dengan AKM ?
Dari paparan yang admin baca pada Instrumen AKMI disini disebutkan bahwa AKMI dan AKM ini saling berhubungan dan saling melengkapi satu sama lain yaitu sama-sama memiliki tujuan meningkatkan kualitas madrasah. Namun disini admin jelaskan perbedaannya yakni:
1. AKMI berfungsi untuk Memahami hasil belajar individu siswa sedangkan AKM berfungsi untuk Mengevaluasi kualitas sistem Pendidikan.
2. AKMI Analoginya adalah Potret secara detail ( AKM tingkat kelas ) sedangkan AKM itu analoginya Potret secara umum Lembaga atau wilayah.
3. AKMI target pengukurannya berupa Literasi membaca, numerasi, sains dan sosial budaya (survey karakter) sedangkan AKM tingkat pengukurannya Literasi membaca dan numerasi +Survei Karakter & Lingkungan Belajar
4. AKMI Pesertanya adalah Sensus (semua ) Siswa dari Seluruh Madrasah Kelas 5 (SD/MI), Kelas 8(SMP/MTs), Kelas 11 (SMA/MA), sedangkan AKM pesertanya berupa Sampling (sebagian) Siswa dari Seluruh Sekolah dan Madrasah Kelas 5(SD/MI), Kelas 8 (SMP/MTs), Kelas 11(SMA/MA).
Nah dari penjelasan diatas sudah jelas bukan, perbedaan dari AKMI dan AKM. AKMI bukan dimaksudkan untuk menyaingi AN atau AKM yang dikembangkan oleh Kemendikbud. Namun, di madrasah AKMI merupakan ikhtiar melengkapi aspek atau dimensi yang belum ada pada AKM, dikarenakan madrasah memiliki keunikan yang perlu segera ditindaklanjuti secara khusus untuk meningkatkan daya saing dalam pendidikan nasional.
Adapun tujuan AKMI ini adalah sebagai berikut :
1.
Untuk mengetahui tingkat keterbacaan instrumen
oleh responden (bapak-ibu guru).
2.
Menjadi jembatanpengujian melalui item
pernyataan pada Rating-Scaleyang akan dijadikan alat pengungkap tingkat
kelayakan.
3. Melalui uji keterbacaan ini diharapkan dapat mengetahui sejauh mana instrumen yang telah dibuat/disusun dapat dipahami oleh responden, baik itu struktur bahasa ataupun maksud pernyataan yang diajukan.
Dengan adanya AKMI, Kemenag dan madrasah akan memiliki data diagnostik yang kuat, untuk menentukan kebijakan mutu Pendidikan madrasah, memperbaiki mutu pembelajaran, meningkatkan kapasitas guru, serta membangun budaya belajar untuk kepentingan masa depan siswa.
Untuk File lengkap terkait dengan AKMI bapak/ibu bisa download di bawah ini secara gratis.
A. Untuk file lengkap Pengarahan Persiapan Validasi Instrumen AKMI bisa —– DOWNLOAD DISINI —–
B. Untuk file lengkap Uji Keterbacaan Instrumen AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia) bisa —– DOWNLOAD DISINI —–
Demikian informasi ini admin sampaikan semoga bermanfaat untuk kita semua, jangan lupa terus kunjungi blog ini.