3 Modul Pembelajaran Numerasi Wajib Dimiliki Guru, CAR Insurance
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
3 Modul Pembelajaran Numerasi Wajib Dimiliki Guru, CAR Insurance; Pertanyaan yang harus dijawab
oleh semua pendidik di tingkat MI adalah apakah
benar telah terjadi pembelajaran matematika di kelas-kelas MI? Benarkah peserta didik belajar matematika yang
merupakan proses membangun penalaran, atau
sekedar mengerjakan soal-soal dalam buku matematika atau Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)? Dengan proses yang
ada sekarang ini apakah benar bias membangun
kemampuan numerasi yang dibutuhkan seseorang untuk terlibat aktif dalam kehidupan sosial bermasyarakat.
Numerasi menurut ACARA 2017
adalah kemampuan yang mencakup pengetahuan,
keterampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan peserta didik untuk menggunakan matematika dalam
berbagai situasi.
Dengan demikian dibutuhkan proses pembelajaran matematika di MI yang benar-benar
mengikuti kaidah pedagogi dan konsep matematika sehingga peserta didik
benar-benar mendapatkan pengalaman belajar yang mengantarkannya mencapai
kompetensi yang diharapkan.
Matematika merupakan serangkaian sarana untuk melatih penalaran dan logika.
Dengan pemahaman tersebut maka proses belajar matematika di MI harus
difasilitasi dengan proses pemecahan masalah, pembuktian dan penalaran matematis,
komunikasi, koneksi, dan representasi.
Para guru MI yang mengampu pelajaran matematika hendaknya mempunyai pemahaman
yang cukup terhadap prinsip-prinsip pembelajaran matematika. Berikut 6 prinsip
pembelajaran matematika yaitu :
Prinsip yang pertama: Kesetaraan
Kesetaraan ini berarti semua siswa mendapatkan hak yang sama dalam hal perhatian,
kurikulum yang menantang, dukungan teknologi, serta guru yang kompeten serta
mau terus belajar.
Prinsip yang kedua: Kurikulum
Kurikulum tingkat satuan pendidikan yang dijalankan harus dirancang
sedemikian rupa sehingga merupakan kegiatan pembelajaran matematika yang
koheren serta berpusat pada hal-hal yang penting dari kompetensi matematika.
Prinsip yang ketiga: Pembelajaran
Prinsip pembelajaran yang penting adalah memahami apa yang diketahui dan dibutuhkan
oleh peserta didik kemudian memberikan tantangan yang sepadan serta
memfasilitasi proses belajar mereka dengan baik.
Prinsip yang keempat: Belajar
Peserta didik perlu mendapatkan kesempatan belajar dari pengalaman yang membangun
pemahaman. Belajar untuk mendapatkan pemahaman ini adalah prinsip yang sangat
penting.
Prinsip yang kelima: Asesmen
Prinsip dari asesmen yang baik adalah memberikan informasi yang memadai kepada
peserta didik dan guru untuk mendukung proses belajar. Asesmen harus menjadi
kegiatan rutin dalam proses belajar dan pembelajaran yang berkesinambungan.
Asesmen berpusat pada apa yang peserta didik ketahui dan dapat lakukan. Asesmen
juga memfasilitasi peningkatan pemahaman dan keterampilan prosedural peserta
didik. Guru perlu mempunyai gambaran yang
jelas dari apa yang perlu diajarkan dan dipelajari peserta didik. Asesmen
harus selaras dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan dalam rencana
pelaksanaan pembelajaran.
Prinsip yang keenam: Teknologi
Teknologi adalah hal yang esensial dari pembelajaran matematika.
Kalkulator, komputer dan perangkat teknologi yang lain dapat membantu
peningkatan proses belajar dan pembelajaran matematika. Penggunaan teknologi
yang sesuai akan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam proses pengambilan
keputusan, pemecahan masalah dan refleksi.
Tujuan Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah
Setelah mengetahui Prinsip-Prinsip Pembelajaran Matematika di MI
selanjutnya guru perlu memahamkan dirinya terhadap tujuan pembelajaran
matematika di MI. Dengan memahami tujuan pembelajaran matematika di MI maka
guru mempunyai ekspektasi yang jelas terhadap pengetahuan, keterampilan serta
kemampuan peserta didiknya.
Untuk lebih jelasnya terkait dengan pembelajaran numerasi ini, maka admin
siapkan 3 modul yang bisa teman-teman unduh dan pelajari.
Silahkan teman-teman download saja modul diatas, semoga bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa share tulisan ini agar yang lain juga tahu. Terima kasih