3 Modul Pembelajaran Numerasi Wajib Dimiliki Guru, CAR Insurance

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

3 Modul Pembelajaran Numerasi Wajib Dimiliki Guru, CAR Insurance; Pertanyaan yang harus dijawab oleh semua pendidik di tingkat MI adalah apakah benar telah terjadi pembelajaran matematika di kelas-kelas MI? Benarkah peserta didik belajar matematika yang merupakan proses membangun penalaran, atau sekedar mengerjakan soal-soal dalam buku matematika atau Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)? Dengan proses yang ada sekarang ini apakah benar bias membangun kemampuan numerasi yang dibutuhkan seseorang untuk terlibat aktif dalam kehidupan sosial bermasyarakat.

Numerasi menurut ACARA 2017 adalah kemampuan yang mencakup pengetahuan, keterampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan peserta didik untuk menggunakan matematika dalam berbagai situasi.

Dengan demikian dibutuhkan proses pembelajaran matematika di MI yang benar-benar mengikuti kaidah pedagogi dan konsep matematika sehingga peserta didik benar-benar mendapatkan pengalaman belajar yang mengantarkannya mencapai kompetensi yang diharapkan.

Matematika merupakan serangkaian sarana untuk melatih penalaran dan logika. Dengan pemahaman tersebut maka proses belajar matematika di MI harus difasilitasi dengan proses pemecahan masalah, pembuktian dan penalaran matematis, komunikasi, koneksi, dan representasi.

Para guru MI yang mengampu pelajaran matematika hendaknya mempunyai pemahaman yang cukup terhadap prinsip-prinsip pembelajaran matematika. Berikut 6 prinsip pembelajaran matematika yaitu :

Prinsip yang pertama: Kesetaraan

Kesetaraan ini berarti semua siswa mendapatkan hak yang sama dalam hal perhatian, kurikulum yang menantang, dukungan teknologi, serta guru yang kompeten serta mau terus belajar.

Prinsip yang kedua: Kurikulum

Kurikulum tingkat satuan pendidikan yang dijalankan harus dirancang sedemikian rupa sehingga merupakan kegiatan pembelajaran matematika yang koheren serta berpusat pada hal-hal yang penting dari kompetensi matematika.

Prinsip yang ketiga: Pembelajaran

Prinsip pembelajaran yang penting adalah memahami apa yang diketahui dan dibutuhkan oleh peserta didik kemudian memberikan tantangan yang sepadan serta memfasilitasi proses belajar mereka dengan baik.

Prinsip yang keempat: Belajar

Peserta didik perlu mendapatkan kesempatan belajar dari pengalaman yang membangun pemahaman. Belajar untuk mendapatkan pemahaman ini adalah prinsip yang sangat penting.

Prinsip yang kelima: Asesmen

Prinsip dari asesmen yang baik adalah memberikan informasi yang memadai kepada peserta didik dan guru untuk mendukung proses belajar. Asesmen harus menjadi kegiatan rutin dalam proses belajar dan pembelajaran yang berkesinambungan. Asesmen berpusat pada apa yang peserta didik ketahui dan dapat lakukan. Asesmen juga memfasilitasi peningkatan pemahaman dan keterampilan prosedural peserta didik. Guru perlu mempunyai gambaran yang

jelas dari apa yang perlu diajarkan dan dipelajari peserta didik. Asesmen harus selaras dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran.

Prinsip yang keenam: Teknologi

Teknologi adalah hal yang esensial dari pembelajaran matematika. Kalkulator, komputer dan perangkat teknologi yang lain dapat membantu peningkatan proses belajar dan pembelajaran matematika. Penggunaan teknologi yang sesuai akan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam proses pengambilan keputusan, pemecahan masalah dan refleksi.

Tujuan Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah

Setelah mengetahui Prinsip-Prinsip Pembelajaran Matematika di MI selanjutnya guru perlu memahamkan dirinya terhadap tujuan pembelajaran matematika di MI. Dengan memahami tujuan pembelajaran matematika di MI maka guru mempunyai ekspektasi yang jelas terhadap pengetahuan, keterampilan serta kemampuan peserta didiknya.

Untuk lebih jelasnya terkait dengan pembelajaran numerasi ini, maka admin siapkan 3 modul yang bisa teman-teman unduh dan pelajari.

Silahkan teman-teman download saja modul diatas, semoga bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa share tulisan ini agar yang lain juga tahu. Terima kasih