Download Modul PKB Kepala Madrasah

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Peningkatan kualitas pendidikan madrasah di Indonesia, haruslah diawali dengan pengembangan sumber daya pengelola madrasah secara utuh, setidaknya ada tiga pemangku kepentingan yang paling bertanggung jawab dalam rangka peningkatan mutu pendidikan madrasah di Indonesia yakni (1) keberadaan guru yang kompeten dan profesional, (2) sosok kepala madrasah yang handal (3) peran dan fungsi pengawas yang komprenhensif. Dari ketiga sosok yang paling strategis dalam pegembangan madrasah menuju madrasah yang baik adalah keberadaan kepala madrasah.

Kepala madrasah memiliki peran penting dalam menjamin keberlangsungan proses pembelajaran peserta didik, baik dari aspek proses, pelaksanaan, evaluasi dan supervisi akademik, sehingga madrasah akan menjadikan peningkatan prestasi belajar peserta didik menjadi target utama dalam outcome pembelajaranya. Kepala madrasah adalah pemimpin tertinggi madrasah yang salah satu tugas dan kompetensi yang harus dimiliki adalah kemampuanmelakukan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan di madrasah.Kompetensi supervisi seorang kepala madrasah, haruslah menjadi kekuatanyang dapat merubah pola pikir guru dan tenaga kependidikan madrasah tentangpembelajaran dan pelayanan pembelajaran di madrasah, menuju peningkatanprestasi belajar peserta didik, dengan demikian seorang kepala madrasah dituntutmampu merencanakan, melaksanakan, dan menindak lanjuti hasil supervisiakademik dan menyusun laporannya, yang berkarakter sesuai dengan kekhasanmadrasah sebagai lembaga pendidikan yang berciri khas Islam.

Karakter keislaman seperti mengkaitkan supervisi akademik dengan nilai-nilai keislaman yang hakiki, kejujuran dalam pembelajaran, integritas dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi, kreatif dan inovatif harus selalu ditunjukkan baik dalam perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut serta pelaporan hasil supervise.

Kepala madrasah dalam merencanakan, melaksanakan, dan menindak lanjuti serta melaporkan hasil supervisi haruslah bermuara pada pengembangan kualitas pembelajaran di madrasah, Karena baik dan tidaknya pembelajaran di madrasah salah satunya bergantung pada peran, fungsi dan strategi kepala madrasah dalam merencanakan, melaksanakan, menindaklanjuti serta pelaporan hasil supervisi. Sehingga kompetensi supervisi bagi kepala madrasah mutlak diperlukan.

Setelah mempelajari dan mengerjakan modul ini, kepala madrasah diharapkan mampu mengimplementasikan kompetensi supervisi akademik bagi guru dan tenaga kependidikan madrasah dengan target kompetensi sebagai berikut:

  1. Merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan;
  2. Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dan tenaga kependidikan dengan menggunakan pendekatan dan supervisi yang tepat; dan
  3. Menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dan tenaga kependidikan untuk peningkatan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan.

Untuk lebih jelasnya terkait dengan PKB Kepala Madrasah ini, Bapak/ibu dan teman-teman bisa cek dibawah ini.

Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat jangan lupa teman-teman share ke media sosial lainnya agar teman-teman yang lain tahu informasi ini.

Untuk berlangganan artikel dari blog sederhana ini, teman-teman bisa klik FOLLOW / IKUTI agar nanti setiap update terbaru bapak/ibu dan teman-teman yang pertama kali dapatkan.

Dan jika ada pertanyaan atau saran dan kritikannya silahkan tulis dikolom komentar. Terima Kasih