Download Modul PKB Kepala Madrasah
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Peningkatan kualitas pendidikan
madrasah di Indonesia, haruslah diawali dengan
pengembangan sumber daya pengelola madrasah secara utuh, setidaknya ada tiga pemangku kepentingan yang paling bertanggung
jawab dalam rangka peningkatan mutu
pendidikan madrasah di Indonesia yakni (1) keberadaan
guru yang kompeten dan profesional, (2) sosok kepala madrasah yang handal (3) peran dan fungsi pengawas yang
komprenhensif. Dari ketiga sosok yang
paling strategis dalam pegembangan madrasah menuju madrasah yang baik adalah keberadaan kepala
madrasah.
Kepala madrasah memiliki peran
penting dalam menjamin keberlangsungan proses
pembelajaran peserta didik, baik dari aspek proses, pelaksanaan, evaluasi dan supervisi akademik, sehingga madrasah
akan menjadikan peningkatan prestasi
belajar peserta didik menjadi target utama dalam outcome pembelajaranya. Kepala madrasah adalah pemimpin tertinggi madrasah
yang salah satu tugas dan kompetensi
yang harus dimiliki adalah kemampuanmelakukan supervisi kepada guru dan tenaga
kependidikan di madrasah.Kompetensi supervisi seorang kepala madrasah, haruslah
menjadi kekuatanyang dapat merubah pola pikir guru dan tenaga kependidikan
madrasah tentangpembelajaran dan pelayanan pembelajaran di madrasah, menuju
peningkatanprestasi belajar peserta didik, dengan demikian seorang kepala
madrasah dituntutmampu merencanakan, melaksanakan, dan menindak lanjuti hasil
supervisiakademik dan menyusun laporannya, yang berkarakter sesuai dengan
kekhasanmadrasah sebagai lembaga pendidikan yang berciri khas Islam.
Karakter keislaman seperti
mengkaitkan supervisi akademik dengan nilai-nilai keislaman yang hakiki,
kejujuran dalam pembelajaran, integritas dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi, kreatif dan inovatif harus
selalu ditunjukkan baik dalam
perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut serta pelaporan hasil supervise.
Kepala madrasah dalam merencanakan, melaksanakan, dan menindak lanjuti
serta melaporkan hasil supervisi haruslah bermuara pada pengembangan kualitas
pembelajaran di madrasah, Karena baik dan tidaknya pembelajaran di madrasah
salah satunya bergantung pada peran, fungsi dan strategi kepala madrasah dalam
merencanakan, melaksanakan, menindaklanjuti serta pelaporan hasil supervisi.
Sehingga kompetensi supervisi bagi kepala madrasah mutlak diperlukan.
Setelah mempelajari dan mengerjakan modul ini, kepala madrasah diharapkan
mampu mengimplementasikan kompetensi supervisi akademik bagi guru dan tenaga
kependidikan madrasah dengan target kompetensi sebagai berikut:
- Merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan;
- Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dan tenaga kependidikan dengan menggunakan pendekatan dan supervisi yang tepat; dan
- Menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dan tenaga kependidikan untuk peningkatan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan.
Untuk lebih jelasnya terkait dengan PKB Kepala Madrasah ini, Bapak/ibu dan
teman-teman bisa cek dibawah ini.
Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat jangan lupa teman-teman share
ke media sosial lainnya agar teman-teman yang lain tahu informasi ini.
Untuk berlangganan artikel dari blog sederhana ini, teman-teman bisa klik
FOLLOW / IKUTI agar nanti setiap update terbaru bapak/ibu dan teman-teman yang
pertama kali dapatkan.
Dan jika ada pertanyaan atau saran dan kritikannya silahkan tulis dikolom
komentar. Terima Kasih