New Info !!! Cara Login Ke Portal BOS Kemenag Jenjang RA

Tentang Portal BOS Kemenag

Aplikasi BOS Kemenag versi 1.0 dikembangkan dalam rangka penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang transparan dan akuntable dalam pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah di Lingkungan Madrasah.

Bantuan Operasional Pendidikan Raudlatul Athfal (BOP) dan Bantuan Operasional Sekolah pada Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah dan Madrasah Aliyah Kejuruan (BOS) mempunyai kontribusi penting terhadap peningkatan akses pendidikan di Indonesia. Alokasi anggaran BOP dan BOS yang meningkat dari tahun ke tahun sejak tahun 2005 secara umum belum mampu meningkatkan mutu pendidikan nasional secara signifikan, termasuk di madrasah.

Kementerian Agama sejak tahun 2009 telah melakukan perubahan tujuan, pendekatan dan orientasi program BOP dan BOS yang tidak hanya berorientasi pada perluasan akses, melainkan juga peningkatan mutu pembelajaran di madrasah. Dalam konteks ini, BOP dan BOS diharapkan dapat menjadi salah satu instrumen efektif untuk peningkatan mutu pembelajaran siswa.

Pada tahun kemarin untuk jenjang RA memang tidak menggunakan aplikasi Portal BOS Kemenang masih menggunakan manual. Baru-baru ini, tim developer atau pengembang Portal BOS Kemenag sudah sudah membuka akses kepada semua instansi mulai dari RA, MI, MTs dan MA untuk bisa login ke Portal BOS Kemenag.


Cara Login Ke Portal BOS Kemenag Jenjang RA

Pada kesempatan ini admin akan memberikan sedikit gambaran terkait dengan Cara Login Ke Portal BOS Kemenag khusus Jenjang RA. Silahkan teman-teman simak sampai selesai.

1. Silahkan masuk akses terlebih dulu situs Portal BOS Kemenang dengan alamat https://bos.kemenag.go.id/. Kemudian klik masuk pada pojok kanan atas. ( lihat gambar )

2. Setelah mengklik tombol MASUK tadi maka teman-teman akan diarahkan ke laman utama Portal BOS Kemenag. Kemudian pada kolom input username dan password, sudah ada pilihan menggunakan akun EMIS ( Open SSO Emis ) seperti gambar dibawah ini.


3. Silahkan klik tulisan OPEN SSO EMIS tersebut maka nanti teman-teman akan di arahkan masuk ke emis silahkan masukkan username dan passoword emisnya seperti biasa. Kemudian setelah itu tunggu bebera saat maka nanti akan muncul tombol masuk DASBOR maka klik saja. lihat gambar dibawah ini.


4. Setelah teman-teman mengklik tombol DASBOR tersebut maka teman-teman akan masuk ke dasboard utama Portal BOS Kemenag. untuk pengisian nya sama seperti jenjang atasnya MI, MTs dan MA.

Kemudian untuk berkas-berkasnya silahkan nanti diunduh pada laman utama di menu Persyaratan Pencairan Dana. Seperti gambar dibawah ini.

Demikian yang bisa admin sampaikan semoga bermanfaat jangan lupa share dan jika masih kurang paham silahkan berkomentar. Terima kasih.