Baru..!! Kasus Aplikasi RDM 2021, Berikut Cara Mengatasinya

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

RDM adalah Aplikasi penilaian hasil belajar yang sekaligus bisa digunakan sebagai Bank Nilai bagi Madrasah yang bisa digunakan secara fleksibel baik itu madrasah dengan sistem PAKET atau SKS maupun keduanya.

Aplikasi RDM ini sudah resmi digunakan tahun ajaran 2021 ini sesuai dengan surat yang sudah diedarkan oleh kementerian agama tanggal 11 Juni 2021 lalu. Untuk lengkap isi suratnya bisa teman-teman unduh dibawah.


Dan pada artikel kali ini admin akan membahas terkait dengan beberapa permasalahan yang terjadi dan sering ditanyakan oleh teman-teman operator di beberapa madrasah. Adapun permasalahannya sebagai berikut :

  1. VDI tidak bisa Registrasi Padahal PC terkoneksi Internet.
  2. Tombol syncron siswa Emis tidak muncul.
  3. Terdapat 2 lembaga yang sama dengan NSM yang berbeda. 1 Lembaga sudah registrasi tetapi tidak syncron emis, dan 1 sudah syncron emis tapi belum registrasi.

Ketiga permasalahan diatas ini kita akan bahas apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Silahkan teman-teman simak penjelasan dibawah ini:

1. VDI tidak bisa Registrasi Padahal PC terkoneksi Internet.

Penyebab : PC terkoneksi Internet tetapi VDI tidak dapat akses internet.

Solusinya :  Chek adapter 2, pastikan pengaturan adapter 2 adalah NAT jika menggunakan     internet dengan segmen IP bukan 192.168.0.xxx, Jika Koneksi Internet menggunakan IP segmen 192.168.0.xxx, Adapter 2 disetting dengan moda brigde.

2. Tombol syncron siswa Emis tidak muncul.

Penyebab : Pengecekan token syncron masih kosong atau nama lembaga berbeda dengan    Emis.

Solusinya : Pastikan NSM dan Nama lembaga di Emis dan RDM sama. Jika sudah sama, pastikan ada koneksi internet karena ada validasi token api emis, Jika sebelumnya pernah muncul tombol syncron emis kemudian menghilang, Ke menu dashboard kemudian Refresh untuk pembaharuan akses emis, kemudian kembali ke menu data siswa. Jika masih belum muncul, kemungkinan api emis tutup atau koneksi ke server Emis bermasalah.

3. Terdapat 2 lembaga yang sama dengan NSM yang berbeda. 1 Lembaga sudah registrasi tetapi tidak syncron emis, dan 1 sudah syncron emis tapi belum registrasi.

Penyebab :  NSM yang pertama adalah NSM lama dan berbeda dengan di emis. Pada saat syncron Lembaga dengan Emis, lembaga tersebut masuk sebagai lembaga baru dengan NSM berbeda dan Nama yang sama.

Solusinya :

  1. Hapus lembaga ke 2 yang belum registrasi, kemudian edit NSM lembaga lama    dengan NSM yang baru(Sesuai Emis) kemudian syncron emis kembali lembaga tersebut.
  2. Lakukan registasi ulang dengan NSM yang baru tersebut jika RDM Lembaganya masih kosong.

Nah itulah beberapa permasalah RDM dan cara mengatasinya, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa teman-teman share ke media sosial agar yang lain juga tahu informasi ini.

Untuk berlangganan artikel silahkan klik tombol FOLLOW / IKUTI agar setiap admin mengupdate info maka teman-teman yang pertama kali menerima notifikasinya.

Dan jika ada pertanyaan atau saran dan kritikan silahkan tulis dikomentar. Terima kasih