√√ Guru Wajib Tahu !!! Macam-Macam Model Pembelajaran Kooperatif
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Pembelajaran kooperatif adalah
suatu sistem yang didasarkan pada alasan bahwa manusia sebagai makhluk individu
yang berbeda satu sama lain sehingga konsekuensi logisnya manusia harus menjadi
makhluk sosial, makhluk yang berinteraksi dengan sesama (Nurhadi 2003: 60)
Abdurrahman dan Bintoro (2000)
dalam Nurhadi 2003 : 61 menyatakan Pembelajaran kooperatif adalah suatu sistem
yang di dalamnya terdapat elemen-elemen yang saling terkait. Adapun berbagai
elemen dalam pembelajaran kooperatif adalah adanya (1) saling ketergantungan
positif, (2) interaksi tatap muka, (3) akuntabilitas individual, dan (4)
keterampilan untuk menjalin hubungan antara pribadi atau keterampilan sosial
yang secara sengaja diajarkan.
Roger dan David Johnson
mengatakan bahwa tidak semua kerja kelompok bisa dianggap coopartive learning.
Untuk mencapai hasil yang maksimal, lima unsur model pembelajaran gotong royong
harus diterapkan :
Saling ketergantungan positif
Tanggungjawab perseorangan
Tatap Muka
Komunikasi antar anggota
Evaluasi proses kelompok (Anita Lie, 1999 : 30)
Model pembelajaran kooperatif
sangat berbeda dengan pengajaran langsung. Di samping model pembelajaran
kooperatif dikembangkan untuk mencapai hasil belajar akademik, model
pembelajaran kooperatif juga efektif untuk mengembangkan keterampilan sosial
siswa (Usman, 2002 : 30).
Jadi pola belajar kelompok dengan
cara kerjasama antar siswa dapat mendorong timbulnya gagasan yang lebih bermutu
dan meningkatkan kreativitas siswa, pembelajaran juga dapat mempertahankan nilai
sosial bangsa Indonesia yang perlu dipertahankan. Ketergantungan timbal balik
mereka memotivasi mereka untuk dapat bekerja lebih keras untuk keberhasilan
mereka, hubungan kooperatif juga mendorong siswa untuk menghargai gagasan
temannya bukan sebaliknya.
Macam-Macam Model Pembelajaran Kooperatif , antara lain:
MODEL JIGSAW
Siswa dibagi dalam beberapa
kelompok, setiap kelompok beranggotakan 3-5 peserta didik
Setiap kelompok diberi tugas
sejumlah anggota kelompok (tiap peserta didik dalam kelompok mendapat tugas
yang berbeda)
Tiap peserta didik dalam kelompok
membaca bagian tugas yang diperoleh
Guru meminta peserta didik yang
mendapat tugas yang sama untuk berkumpul membentuk kelompok baru (kelompok
ahli) mendiskusikan tugas yang sama
Setiap peserta didik hendaknya
memahami dan mencatat hasil diskusinya untuk dilaporkan dalam kelompok asal
Setelah selesai sebagai tim ahli
tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian menyampaikan hasil
diskusinya kepada teman lain dalam kelompoknya tentang tugas yang mereka kuasai
secara bergilir
Setelah seluruh peserta didik
selesai melaporkan, guru menunjuk salah satu kelompok untuk menyampaikan
hasilnya, kelompok lain menanggapi dan guru mengklarifikasi jawaban yang kurang
sempurna
Simpulan bersama guru dan peserta
didik
Model Think Pair and Share
Guru menyampaikan inti materi dan
kompetensi yang ingin dicapai
Siswa diminta untuk berfikir
tentang materi/permasalahan yang disampaikan oleh guru
Siswa diminta berpasangan dengan
teman sebelahnya dan mengutarakan hasil pemikirannya masing-masing
Guru memimpin pleno kecil
diskusi, dan setiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
Berawal dari kegiatan tersebut
mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum
diungkapkan para peserta didik
Penutup dan simpulan
MODEL DECISION MAKING
Guru menginformasikan tujuan dan
perumusan masalah
Secara klasikal tayangkan gambar,
wacana atau kasus permasalahan yang sesuai dengan materi pelajaran atau
kompetensi yang diharapkan
Buatlah pertanyaan agar peserta
didik dapat merumuskan permasalahan sesuai dengan gambar, wacana atau kasus
yang disajikan
Secara kelompok peserta didik
diminta mengidentifikasikan permasalahan dan membuat alternatif pemecahannya
Secara kelompok/individu peserta
didik diminta mengidentifikasi permasalahan yang terdapat di lingkungan sekitar
peserta didik yang sesuai dengan materi yang dibahas dan cara pemecahannya
Secara kelompok/ individu peserta
didik diminta mengemukakan alsan mereka memilih alternatif tersebut
Secara kelompok/individu peserta
didik diminta mencari penyebab terjadinya masalah tersebut
Secara kelompok/individu peserta
didik diminta mengemukakan tindakan untuk mencegah terjadinya masalah tersebut
MODEL GROUP INVESTIGATION
Guru membagi kelas dalam beberapa
kelompok heterogen
Guru menjelaskan maksud
pembelajaran dan tugas kelompok
Guru memanggil ketua-ketua
kelompok untuk membahas satu materi yang berbeda setiap kelompoknya
Masing-masing kelompok membahas
materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan
Setelah selesai diskusi, ketua
kelompok sebagai juru bicara menyampaikan hasil pembahasan kelompoknya
Guru memberikan penjelasan
singkat sekaligus memberi simpulan
Evaluasi/penutup
MODEL DABATE
Guru membagi dua kelompok peserta
debat, yang terdiri satu pro dan yang lainnya kontra
Guru memberikan tugas untuk
membaca materi yang akan didebatkan oleh kedua kelompok
Setelah selesai membaca materi.
Guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara saat itu,
selanjutnya ditanggapi atau dibalas oleh kelompok kontra demikian seterusnya
sampai sebagian besar peserta didik bisa mengemukakan pendapatnya
Sementara peserta didik
menyampaikan gagasannya guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan di
papan tulis, sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi
Guru menambah konsep/ide yang
belum terungkap
Dari data-data di papan tersebut,
guru mengajak peserta didik membuat simpulan/rangkuman yang mengacu pada tujuan
yang ingin dicapai.
MODEL MIND MAPPING
Guru menyampaikan kompetensi yang
ingin dicapai
Guru mengemukakan
konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh peserta didik. Sebaiknya
permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban
Membentuk kelompok yang
anggotanya 2-3 orang
Tiap kelompok
menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
Setiap kelompok (atau diacak
kelompok tertentu) membacakan hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan
mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
Dari data-data di papan
peserta didik diminta membuat kesimpulan atau guru memberi bandingan sesuai
konsep yang disediakan guru.
MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES
Guru mempersiapkan
gambar-gambar/wacana sesuai dengan tujuan pembelajaran
Guru menempelkan gambar/wacana di
papan atau ditayangkan lewat LCD
Guru memberikan petunjuk dan
memberi kesempatan pada peserta didik untuk memperhatikan gambar/wacana
Melalui diskusi kelompok, peserta
didik diminta untuk menganalisis dan mendeskripsikan/menginterpretasikan tugas
tersebut
Hasil diskusi dari analisa gambar
tersebut dicatat pada kertas, dan setiap kelompok diberi kesempatan membacakan
hasil diskusi
Mulai dari komentar/hasil diskusi
peserta didik, guru mulai menjelaskan materi sesuai dengan tujuan yang ingin
dicapai
Simpulan/penutup
MODEL MENCARI PASANGAN (MAKE-A MATCH)
Guru menyiapkan beberapa kartu
yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya
satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
Setiap peserta didik mendapat
satu buah kartu
Tiap peserta didik memikirkan jawaban/soal
dari kartu yang dipegang
Setiap peserta didik mencari
pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
Setiap peserta didik yang dapat
mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
Setelah satu babak kartu dikocok
lagi agar tiap peserta didik mendapat kartu yang berbeda dari peserta didik
yang lain
Demikian seterusnya
Simpulan
Penutup
MODEL ARTIKUSASI
Menyampaikan kompetensi yang
ingin dicapai.
Guru menyajikan materi
pembelajaran.
Untuk mengetahui daya serap
peserta didik, bentuklah kelompok berpasangan dua orang.
Suruhlah seorang dari pesangan
itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar
sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga
kelompok lainnya.
Suruh peserta didik secara
bergiliran/diacak menyampai-kan hasil dialog dengan teman pasangannya
Guru mengulangi/ menjelaskan
kembali materi yang belum dipahami peserta didik
Simpulan/penutup
MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran, menjelaskan sarana yang dibutuhkan, memotivasi peserta didik
untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih
Guru membantu peserta didik
merumuskan dan mengorganisasikan tugas yang berhubungan dengan masalah yang
dipilih (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll)
Guru memantau peserta didik untuk
mengumpulkan informasi yang diperlukan, melaksanakan eksperimen atau penelitian
untuk mendapat data yang akurat, pengumpulan data, analisa data untuk menguji
hipotesa, atau mendeskripsikan temuan yang diperoleh (refleksi, atau evaluasi)
terhadap penelitian yang mereka rencanakan
Guru membantu peserta didik dalam menyusun laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya
MODEL PICTURE AND PICTURE
Guru menyampaikan kompetensi yang
ingin dicapai
Menyajikan materi sebagai
pengantar
Guru menunjukkan/memperlihatkan
gambar-gambar yang berkaitan dengan materi yang disajikan
Guru menunjuk/memanggil peserta
didik secara bergantian untuk memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan
yang logis
Guru menanyakan alasan/dasar
pemikiran urutan gambar tersebut
Dari alasan/urutan gambar
tersebut guru memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang
ingin dicapai
Simpulan/rangkuman
MODEL BERTUKAR PASANGAN
Setiap peserta didik mendapat
satu pasangan (guru biasanya menunjukkan pasangannya atau peserta didik
menunjuk pasangan)
Guru memberikan tugas dan peserta
didik mengerjakan tugas dengan pasangannya
Setelah selesai, setiap pasangan
bergabung dengan satu pasangan yang lain
Kedua pasangan tersebut bertukar
pasangan masing-masing, pasangan yang baru ini saling menanyakan dan
mengukuhkan jawaban mereka
Temuan baru yang didapat dari
pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula
MODEL CONSEPT SENTENSE
Guru menyampaikan tujuan
Guru menyajikan materi secukupnya
Guru membentuk kelompok yang
anggotanya 4-5 orang secara heterogen
Menyajikan beberapa kata ‘KUNCI’
sesuai materi yang disajikan
Setiap kelompok disuruh membuat
beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimatnya
Hasil diskusi kelompok,
didiskusikan lagi secara pleno yang dipandu guru
Simpulan/penutup
MODEL COOPERATIF SCRIPT
Guru membagi peserta didik untuk
berpasangan
Guru membagi wacana/materi kepada
setiap pasangan untuk dibaca dan membuat ringkasan
Guru dan peserta didik menetapkan
siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai
pendengar
Pembicara membacakan ringkasannya
selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.
Sedangkan pendengar:
Menyimak/mengoreksi/menunjukkan
ide-ide pokok yang kurang lengkap
Membantu mengingat/menghafal
ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
Bertukar peran, semula sebagai
pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti di
atas.
Simpulan dari guru
Penutup
Model Snowball Throwing
Guru menyampaikan materi yang
akan disajikan
Guru membentuk kelompok-kelompok
dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang
materi
Masing-masing ketua kelompok
kembali ke kelompoknya, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru
kepada temannya
Kemudia masing-masing peserta
didik diberikan satu lembar kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja
yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
Kemudian kertas tersebut dibuat
seperti bola dan dilempar dari satu peserta didik ke peserta didik yang lain
selama + 5 menit
Setelah peserta didik dapat satu
bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menjawab
pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
Guru memberikan kesimpulan
Evaluasi
Penutup
MODEL KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS
Membentuk kelompok yang
anggotanya 4-5 orang yang secara heterogen
Guru memberikan wacana/kliping
sesuai dengan topik pembelajaran
Siswa bekerjasama saling
membacakan dan menemukan ide pokok dan memberikan tanggapan terhadap
wacana/kliping dan ditulis pada selembar kertas
Mempresentasikan/membacakan hasil
kelompok
Guru membuat kesimpulan bersama
Penutup
MODEL COURSE REVIEW HORAY
Guru menyampaikan kompetensi yang
ingin dicapai
Guru mendemonstrasikan/menyajikan
materi
Memberikan kesempatan peserta
didik tanya jawab
Untuk menguji pemahaman, peserta
didik disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak
diisi angka sesuai dengan selera masing-masing peserta didik
Guru membaca soal secara acak dan
peserta didik menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan
langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (V) dan jika salah diisi
dengan tanda silang (X)
Siswa yang sudah mendapat tanda
(V) harus segera berteriak horay atau yel-yel laninnya
Nilai peserta didik dihitung dari
jawaban benar dan jumlah horay yang diperoleh
Penutup
MODEL GROUP TO GROUP EXCHANGE
Guru membagi kelas dalam beberapa
kelompok heterogen, diusahakan tugas masing-masing kelompok berbeda
Berikan cukup waktu untuk
berdiskusi dan mempersiapkan bagaimana mereka dapat menyajikan topik yang telah
mereka kerjakan
Bila diskusi telah selesai,
mintalah kelompok memilih juru bicaranya. Undanglah setiap juru bicara
menyampaikan kepada kelompok lain
Setelah presentasi singkat,
doronglah peserta didik bertanya pada presenter atau tawaran pandangan mereka sendiri. Biarkan anggota juru bicara
kelompok menanggapi
Lanjutkan sisa presentasi agar
setiap kelompok memberikan informasi dan merespon pertanyaan juga komentar
peserta. Bandingkan dan bedakan pandangan serta informasi yang saling
ditukarkan.
MODEL TALKING STIK
Guru menyiapkan sebuah tongkat
Guru menyampaikan materi pokok
yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
membaca dan mempelajari materi pada buku pegangannya atau buku paketnya
Setelah selesai membaca buku dan
mempelajarinya, lalu menyuruh peserta didik untuk menutup bukunya
Guru mengambil tongkat dan
memberikan kepada peserta didik, kemudian peserta didik menyerahkan tongkat
tersebut secara bergantian ke temannya sambil menyangikan sebuah lagu (usahakan
lagunya yang relevan dengan pokok bahasan yang dipelajari saat itu) setelah itu
guru memberikan pertanyaan dan peserta didik yang memegang tongkat tersebut
harus menjawabnya. Demikian seterusnya sampai sebagian besar peserta didik
mendapat bagian untuk menjawab pertanyaan dari guru
Guru memberikan kesimpulan
Evaluasi
Simpulan
MODEL ARISAN
Bentuk kelompok + 4 orang setiap
kelompok secara heterogen
Kertas jawaban dibagikan pada
peserta didik, masing-masing 1 kartu soal digulung dan dimasukkan ke dalam
wadah/tempat
Wadah yang telah berisi gulungan
soal dikocok, kemudian salah satu dikeluarkan/diambil. Selanjutnya dibacakan
agar dijawab oleh peserta didik yang memegang kartu jawaban
Apabila jawaban benar maka
peserta didik dipersilakan tepuk tangan atau yel-yel lainnya
Setiap jawaban yang benar diberi
poin 1 sebagai nilai kelompok sehingga nilai total kelompok merupakan
penjumlahan poin dari para anggotanya
Dan seterusnya.
MODEL LINGKARAN KECIL-LINGKARAN BESAR
Separuh kelas berdiri membentuk
lingkaran kecil dan menghadap keluar
Separuh kelas lainnya membentuk
lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam
Dua peserta didik yang
berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran
informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
Kemudian peserta didik berada di
lingkungan kecil diam di tempat, sementara peserta didik yang berada di
lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam, sehingga
masing-masing peserta didik mendapat pasangan baru.
Sekarang giliran peserta didik
berada di lingkungan besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya.
MODEL KEPALA BERNOMOR (NUMBERED HEADS TOGETHER)
Siswa dibagi dalam kelompok,
setiap peserta didik dalam setiap kelompok mendapat nomor kepala
Guru memberikan tugas, diupayakan
setiap kelompok mendapat tugas yang berbeda, dan masing-masing kelompok
mengerjakannya
Kelompok mendiskusikan jawaban
yang benar, tiap anggota kelompok mencatat hasil diskusi
Setiap anggota kelompok memiliki
tanggungjawab dan kesempatan yang sama untuk melaporkan hasil diskusinya
Guru memanggil salah satu nomor
peserta didik dalam kelompok tertentu untuk melaporkan hasil diskusinya
Tanggapan dari teman yang lain
dalam kelompoknya, kemudian dapat disempurnakan dari kelompok lain
Selanjutnya guru menunjuk nomor
yang lain di kelompok lain dengan tugas yang berbeda
Simpulan/klarifikasi guru
MODEL KEPALA BERNOMOR STRUKTUR
Siswa dibagi dalam kelompok, dan
setiap peserta didik mendapat nomor kepala
Penugasan diberikan kepada setiap
peserta didik berdasarkan nomornya terhadap tugas yang berangkai. Misalnya:
Siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan
peserta didik nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya.
Jika perlu, guru bisa menyuruh
kerjasama antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung
bersama beberapa peserta didik bernomor sama dari kelompok lain. Dalam
kesempatan ini peserta didik dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau
mencocokkan hasil kerjasama mereka
Laporan hasil kelompok dan
tanggapan dari kelompok yang lain
Simpulan
MODEL ROLE PLAYING
Guru menyiapkan/menyusun skenario
yang akan ditampilkan
Menunjuk beberapa peserta didik
untuk mempelajari skenario sebelum berlangsungnya pembelajaran
Guru membentuk kelompok peserta
didik yang anggotanya 5 orang
Memberikan penjelasan tentang
kompetensi yang ingin dicapai dalam pembelajaran
Memanggil para peserta didik yang
sudah ditunjuk untuk melakukan skenario yang sudah dipersiapkan
Masing-masing peserta didik duduk
dikelompoknya masing-masing sambil memperhatikan/mengamati skenario yang sedang
diperagakan
Setelah selesai dipentaskan,
masing-masing peserta didik diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk
membahas
Masing-masing kelompok
menyampaikan hasil kesimpulannya
Guru memberikan simpulan secara
umum
Evaluasi
Penutup
MODEL SCRAMBLE
Media:
Buatlah pertanyaan yang sesuai
dengan materi
Buat jawaban yang diacak hurufnya
Guru menyajikan materi yang
sesuai dengan kompetensi
Membagikan lembar kerja sesuai
dengan contoh
MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING
Guru menyampaikan kompetensi yang
ingin dicapai
Guru mendemonstrasikan/menyajikan
materi
Memberikan kesempatan peserta
didik untuk menjelaskan kepada pesarta lainnya baik melalui bagan/peta konsep
maupun yang lainnya
Guru menyimpulkan ide/pendapat
dari peserta didik
Guru menerangkan semua materi
yang disajikan saat itu
Penutup
MODEL TIM SISWA-KELOMPOK PRESTASI (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION)
Membentuk kelompok yang
beranggotakan 3-5 orang secara heterogen
Guru menyajikan materi pelajaran
Guru memberi tugas kepada
kelompok untuk dikerjakan anggota kelompok yang menguasai diminta menjelaskan
pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti/memahami
Guru memberikan kuis/pertanyaan
kepada seluruh peserta didik. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling
membantu
Guru memberi evaluasi
Simpulan
MODEL TAKE AND GIVE
Siapkan kelas sebagaimana
mestinya
Jelaskan materi sesuai kompetensi
+ 45 menit
Untuk memantapkan penguasaan
peserta didik, setiap peserta didik diberi masing-masing satu kartu untuk
dipelajari (dihapal) lebih kurang 5 menit
Semua peserta didik disuruh
berdiri dan mencari pasangan untuk saling menginformasikan materi sesuai kartu
masing-masing, dan setiap peserta didik harus mencatat nama pasangannya pada
kartu kontrol
Demikian seterusnya sampai setiap
peserta dapat saling memberi dan menerima materi masing-masing
Untuk mengevaluasi keberhasilan,
berikan peserta didik pertanyaan yang sesuai dengan kartunya (kartu orang lain)
Simpulan
MODEL TEBAK KATA
Jelaskan materi + 45 menit
Suruhlah peserta didik berdiri di
depan kelas dan berpasangan
Seorang peserta didik diberi
kartu yang berukuran 10 x 10 Cm yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang
peserta didik lainnya diberi kartu berukuran 5 x 2 Cm yang isinya tidak boleh
dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi atau diselipkan di telinga
Sementara peserta didik yang
membawa kartu 10 x 10 Cm membacakan kata-kata yang tertulis didalamnya.
Sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud pada kartu 10 x 10 Cm. Jawab
dengan tepat dan sesuai yang tertulis pada kartu yang ditempel di dahi
Apabila jawabannya tepat (sesuai
yang tertulis pada kartu) maka pasangan ini boleh duduk. Bila belum tepat pada
waktu yang telah ditetapkan boleh mengarahkan dengan kata-kata lain asal jangan
langsung memberi jawabannya
Dan seterusnya sampai selesai
Penutup dan simpulan
Model Word Square
Media:
Buat kotak sesuai keperluan
Buat kotak sesuai dengan materi
Langkah-langkah:
Sampaikan materi sesuai
kompetensi
Bagikan lembar kegiatan sesuai
contoh
Siswa disuruh menjawab soal
kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban
Berikan poin setiap jawaban dalam
kotak.
Demikian yang bisa admin share semoga bermanfaat jangan lupa dibagikan ke teman-teman yang lain.
Jika ada pertanyaan atau saran dan kritikan silahkan tulis dikolom komentar. terima kasih
referensi : Diklat Online BDK Jakarta