8 Langkah Langkah Ini Wajib Di Ketahui Agar Sukses BAP Emis 4.0
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
EMIS4.0 sejatinya adalah sebuah
website baru yang dirancang bagi sekolah madrasah baik itu dari tingkat RA,MI,MTs dan MA. Dalam
EMIS4.0 terdapat berbagai macam atribut yang harus dilengkengkapi oleh satuan
pendidikan madrasah, mulai dari keadaan siswanya, GTK, hingga data Sarpras yang
ada pada sekolah.
Untuk itu sebagai seorang operator pendataan EMIS 4.0 agar segera
menyelesaikan tugasnya sebelum batas waktu yang telah ditentukan berakhir.
Adapun yang harus dilakukan adalah dengan mencetak dan mengupload Berita Acara
Pendataan (BAP) yang sudah ditanda tangani oleh kepala madrasah dengan cap
stempel basah.
Mungkin bagi opm pendataan madarasah yang baru saja bertugas mengerjakan
EMIS 4.0 ini masih merasa bingung, dan dalam kesempatan ini admin akan menuliskan langkah atau cara cetak dan
upload BAP EMIS 4.0 untuk pengerjaan ditahun pembelajaran 2021/2022.
Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk cetak dan upload BAP EMIS
4.0 semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022, berikut caranya:
Pertama, silahkan klik website berikut: https://emis.kemenag.go.id
Kedua, login dengan menggunakan akun operator madrasah yang dimiliki
Ketiga, setelah berhasil login dan pada halaman utama emis 4.0 silahkan
pilih menu monitoring, yang terdiri dari beberapa menu diantaranya:
- Cek data GTK pastikn tidak ada yang berwarna merah
- Data Siswa pastikan tidak ada yang berwarna merah
- Data Sarpras pastikn tidak ada yang berwarna merah
Catatan: apabila data GTK, Siswa dan Sarpras yang ada di menu monitoring
masih ada yang berwarna merah maka hendaknya segera diperbaiki sesuai dengan
yang bertanda merah. Dan data yang sudah diisi atau sudah benar, maka akan bertanda
dengan warna hijau.
Keempat, silahkan pilih menu konfirmasi untuk melakukan beberapa
konfirmasi, seperti halnya:
- Pilih menu kelembagaan, lalu konfirmasi data kelembagaan
- Pilih data siswa, kemudian centang nama kepala sekolah yang sebagai penanggung jawab dalam pengisian. Terakhir pilih konfirmasi data siswa
- Pilih data GTK, centang nama kepala sekolah yang sebagai penanggung jawab dalam pengisian. Terakhir pilih konfirmasi data GTK
- Pilih menu sarpras, centang nama kepala sekolah yang sebagai penanggung jawab dalam pengisian. Terakhir pilih konfirmasi data sarpras
Kelima, setelah semua data diatas telah dikonfirmasi, selanjutnya pilih
menu berita acara dan pilih cetak BAP. Selanjutnya beri tanda tangan dan
stempel kepala madrasah sebagai penanggung jawab.
Keenam, setelah BAP sudah ditanda tangani dan diberikan stempel basah oleh
kepala madrasah, selanjutnya scan file tersebut dalam bentuk pdf untuk
selanjutnya di upload kembali
Ketujuh, untuk mengupload berita acara BAP EMIS, silahkn pilih menu UPLOAD
BAP yang berada dibagian bawah menu download Berita Acara BAP.
Kedelapan, setelah langkah ketujuh anda lakukan, maka proses pengerjaan
EMIS 4.0 untuk semester ganjil tahun 2021/2022 seharusnya sudah selesai
dikerjakan.
Demikian delapan langkah tahapan cetak BAP Emis yang harus dilakukan oleh
teman-teman operator madrasah, semoga bermanfaat jangan lupa share.
Dan jika ada pertanyaan silahkan saja tulis di kolom komentar. Terima kasih