Saatnya Madrasah Akrab Dengan Pembelajaran IT

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pembelajaran di madrasah harus akrab menggunakan IT ( information technology ). beberapa pihak masih terdapat yang mempertanyakan kwalitas pendidikan di madrasah. madrasah diklaim tertinggal jauh menggunakan sekolah di bawah kementerian pendidikan dan  kebudayaan. anggapan ini tidak semuanya benar serta pula tak semuanya galat. diklaim benar karena memang masih terdapat beberapa madrasah yg masih tertinggal, baik sarana prasarana pendidikan maupun hal lainnya. diklaim salah  karena nyatanya terdapat poly madrasah Yang sangat maju serta berkualitas. banyak menorehkan prestasi baik nasional juga internasional.



Jadi tergantung yang dipandang mana. Bila yang dipandang merupakan madrasah yang memang segala-galanya masih kurang maka akan disumpulkan bahwa madrasah sangat jauh tertinggal oleh sekolah. namun Bila yg dicermati adalah madrasah dengan kualitas unggul mirip man insan cendikia serpong, maka yang terlihat ialah kemajuan dan  kualitas pendidikan pada madrasah.

Sesungguhnya sama kok, sekolah yangBerada pada bawah naungan kementerian pendidikan dan  kebudayaan juga terdapat yg bagus, maju dan  bermutu. namun ingat, sekolah pula ada yg kondisinya memprihatinkan. mereka mencari peserta didik saja susah.

Jadi tergantung yang dilihat mana. Jika yang ditinjau ialah madrasah yg memang segala-galanya masih kurang maka akan disumpulkan bahwa madrasah sangat jauh tertinggal oleh sekolah. tetapi Bila yang dipandang ialah madrasah dengan kualitas unggul seperti man manusia cendikia serpong, maka ygTerlihat ialah kemajuan serta kualitas pendidikan pada madrasah.

Sesungguhnya sama kok, sekolah yg berada pada bawah naungan kementerian pendidikan dan  kebudayaan jua terdapat yang rupawan, maju serta bermutu. namun ingat, sekolah pula ada yg kondisinya memprihatinkan. mereka mencari siswa saja susah.

Ujian madrasah dari tahun pelajaran 2018/2019 buat semua madrasah sudah berbasis komputer. sehingga ujiannya dianggap dengan ujian akhir madrasah berstandar nasional berbasis komputer (uambn-bk).Adalah, telah tak terdapat lagi madrasah yg melaksanakan ujian akhir menggunakan memakai kertas.

Di sisi lain, madrasah wajib  permanen bisa memaksimalkan metode dan  kurikulum pembelajarannya agar maju di bidang sains. hal ini bukan dimaksudkan sebagai madrasah mencetak peserta didik sebagai scientist murni. namun memberikan dasar-dasar berpikir sains serta cara berpikir ilmiah. para siswa jua diberikan dasar dasar pembelajaran yang baik menggunakan menerapkan sistem belajar yg sistematis.Sebagai akibatnya menggunakan cara ini, madrasah sahih-sahih akan berani bersaing serta berkompetisi dalam bidang apapun.

Sebagaimana telah disebutkan di atas, bahwa tidak kalah penting merupakan madrasah sudah selayaknya merubah paradigma serta main set-nya untuk menyesuaikan dengan perubahan zaman. siswa madrasah tidak lagi gagap dengan perangkat teknologi ( contrivance) yg kian canggih dan  terus berkembang pesat.

Menggunakan demikian maka para peserta didik akan memiliki pikiran serta pandangan tanpa batas,Terkenal diseluruh dunia, serta dunia. menggunakan contrivance itu, kemana pun para peserta didik tetap bisa beraktivitas belajar, mengerjakan dan  menghasilkan laporan secara online pada practitioner.

Oleh sebab itu, madrasah semestinya dapat mengantisipasi perkembangan – perkembangan tadi supaya penggunaan contrivance mampu dioptimalkan buat kepentingan pembelajaran.

Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat jangan lupa share ke media sosialnya agar teman-teman yang lain juga tahu info ini.

Dan jika ada pertanyaan atau saran dan kritikan silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih