Saatnya Madrasah Akrab Dengan Pembelajaran IT
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Pembelajaran di madrasah harus
akrab menggunakan IT ( information
technology ).
beberapa pihak masih terdapat yang mempertanyakan kwalitas pendidikan di
madrasah. madrasah diklaim tertinggal jauh menggunakan sekolah di bawah
kementerian pendidikan dan kebudayaan.
anggapan ini tidak semuanya benar serta pula tak semuanya galat. diklaim benar
karena memang masih terdapat beberapa madrasah yg masih tertinggal, baik sarana
prasarana pendidikan maupun hal lainnya. diklaim salah karena nyatanya terdapat poly madrasah Yang sangat maju serta berkualitas. banyak
menorehkan prestasi baik nasional juga internasional.
Jadi tergantung yang dipandang mana. Bila yang dipandang merupakan madrasah yang memang segala-galanya masih kurang maka akan disumpulkan bahwa madrasah sangat jauh tertinggal oleh sekolah. namun Bila yg dicermati adalah madrasah dengan kualitas unggul mirip man insan cendikia serpong, maka yang terlihat ialah kemajuan dan kualitas pendidikan pada madrasah.
Sesungguhnya sama kok, sekolah
yangBerada pada bawah naungan kementerian pendidikan dan kebudayaan juga terdapat yg bagus, maju
dan bermutu. namun ingat, sekolah pula
ada yg kondisinya memprihatinkan. mereka mencari peserta didik saja susah.
Jadi tergantung yang dilihat mana. Jika yang ditinjau ialah madrasah yg memang segala-galanya masih kurang maka akan disumpulkan bahwa madrasah sangat jauh tertinggal oleh sekolah. tetapi Bila yang dipandang ialah madrasah dengan kualitas unggul seperti man manusia cendikia serpong, maka ygTerlihat ialah kemajuan serta kualitas pendidikan pada madrasah.
Sesungguhnya sama kok, sekolah yg
berada pada bawah naungan kementerian pendidikan dan kebudayaan jua terdapat yang rupawan, maju
serta bermutu. namun ingat, sekolah pula ada yg kondisinya memprihatinkan. mereka
mencari siswa saja susah.
Ujian madrasah dari tahun pelajaran 2018/2019 buat semua madrasah sudah berbasis komputer. sehingga
ujiannya dianggap dengan ujian akhir madrasah berstandar nasional berbasis
komputer (uambn-bk).Adalah, telah tak terdapat lagi madrasah yg melaksanakan
ujian akhir menggunakan memakai kertas.
Di sisi lain, madrasah wajib permanen bisa memaksimalkan metode dan kurikulum pembelajarannya agar maju di bidang
sains. hal ini bukan dimaksudkan sebagai madrasah mencetak peserta didik sebagai
scientist murni. namun memberikan dasar-dasar berpikir sains serta cara
berpikir ilmiah. para siswa jua diberikan dasar dasar pembelajaran yang baik
menggunakan menerapkan sistem belajar yg sistematis.Sebagai akibatnya
menggunakan cara ini, madrasah sahih-sahih akan berani bersaing serta
berkompetisi dalam bidang apapun.
Sebagaimana telah disebutkan di
atas, bahwa tidak kalah penting merupakan madrasah sudah selayaknya merubah
paradigma serta main set-nya untuk menyesuaikan dengan perubahan zaman. siswa
madrasah tidak lagi gagap dengan perangkat teknologi ( contrivance) yg kian
canggih dan terus berkembang pesat.
Menggunakan demikian maka para
peserta didik akan memiliki pikiran serta pandangan tanpa batas,Terkenal
diseluruh dunia, serta dunia. menggunakan contrivance itu, kemana pun para
peserta didik tetap bisa beraktivitas belajar, mengerjakan dan menghasilkan laporan secara online pada
practitioner.
Oleh sebab itu, madrasah
semestinya dapat mengantisipasi perkembangan – perkembangan tadi supaya
penggunaan contrivance mampu dioptimalkan buat kepentingan pembelajaran.
Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat jangan lupa share ke media
sosialnya agar teman-teman yang lain juga tahu info ini.
Dan jika ada pertanyaan atau saran dan kritikan silahkan tulis di kolom
komentar. Terima kasih