Info Akses Dasbord Sulingjar 2023

Sinyalabidnet - Survеі Lіngkungаn Bеlаjаr аtаu Sulingjar adalah ѕurvеі уаng mеruраkаn bаgіаn dаrі еvаluаѕі ѕіѕtеm реndіdіkаn dan ditujukan untuk mеndараtkаn gambaran kualitas lауаnаn satuan, bаіk dаrі ѕіѕі рrоѕеѕ реmbеlаjаrаn mаuрun pengelolaannya. 

Pendahuluan

Dashboard Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) adalah laman yang digunakan untuk memberikan informasi terkait dengan Sulingjar, yang dapat diakses melalui https://dashboardslb.kemdikbud.go.id.

Akses Sulingjar

Akses ke Dashboard Sulingjar bersifat privat dan diberikan kepada beberapa pihak, yaitu:

1. Operator satuan pendidikan

2. Admin Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota

3. Admin Kanwil Kemenag/Kantor Kemenag

4. Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang meliputi: BBPMP, BPMP, BBPPMPV, dan BPMPV

5. Unit Utama Kemdikbud yang meliputi: Pusdatin, Pusmendik, Direktorat PAUD, Direktorat SD, Direktorat SMP, Direktorat SMA, dan Direktorat SMK

6. Kemenag, meliputi: Ditjen Pendis Kemenag, Bimas Katolik, Bimas Kristen, Bimas Hindu, dan Bimas Buddha

Sebelum dapat mengakses Dashboard Sulingjar, pengguna harus melakukan registrasi ke Jaringan Pengelola Data Pendidikan (SDM) pada laman https://sdm.data.kemdikbud.go.id.

Fungsi Dashboard Sulingjar:

Bagi Satuan Pendidikan:

1. Memberikan informasi daftar peserta Sulingjar

2. Mencetak kartu login untuk masuk aplikasi Sulingjar di https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id

3. Melakukan konfirmasi terhadap peserta yang tidak mengisi Sulingjar

4. Memberikan informasi progres pengisian Sulingjar untuk setiap peserta, termasuk status pengisian dan persentase pengisian.

Bagi Unit Utama Kemdikbud, Pendis Kemenag, Bimas Katolik, Bimas Kristen, Bimas Hindu, UPT (BBPMP/BPMP/BBPPMPV/BPMPV), Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaen/Kota, dan Kantor Wilayah/Kantor Kementerian Agama:

1. Memberikan informasi jumlah satuan pendidikan, jumlah satuan pendidikan yang mengisi Sulingjar, dan persentase satuan pendidikan yang telah mengisi Sulingjar.

2. Memberikan informasi jumlah kepala satuan pendidikan, jumlah kepala satuan pendidikan yang mengisi Sulingjar, dan persentase kepala satuan pendidikan yang telah mengisi Sulingjar.

3. Memberikan informasi jumlah pendidik, jumlah pendidik yang mengisi Sulingjar, dan persentase pendidik yang telah mengisi Sulingjar.

4. Memberikan informasi daftar peserta Sulingjar pada setiap satuan pendidikan.

5. Memberikan informasi status konfirmasi peserta Sulingjar.

Dashboard Sulingjar berfungsi sebagai alat untuk memantau dan mengumpulkan informasi terkait dengan Sulingjar, sehingga memudahkan para pengguna dalam mengakses data dan statistik terkini terkait lingkungan belajar di satuan pendidikan.

Kesimpulan :

Dashboard Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) merupakan laman yang menyediakan informasi terkait dengan Sulingjar, sebuah survei yang berfokus pada lingkungan belajar di satuan pendidikan. Akses ke Dashboard Sulingjar diberikan secara privat kepada beberapa pihak, termasuk operator satuan pendidikan, admin Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, admin Kanwil Kemenag/Kantor Kemenag, Unit Pelaksana Teknis (UPT), Unit Utama Kemdikbud, dan pihak Kemenag.

Untuk filenya silahkan teman-teman bisa unduh dibawah ini untuk kita sama-sama pedomani agar nanti proses sulingjar 2023 berjalan lancar.

<< DOWNLOAD >>