Langkah-langkah Mengatasi Minus & Sisa Saldo Anggaran Belanja di eRKAM V.2

Sinyalabidnet_ eRKAM V.2 (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah) adalah sebuah sistem yang dikembangkan khusus untuk pengelolaan rencana kerja dan anggaran di lingkungan madrasah. Sistem ini dirancang untuk membantu madrasah dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan anggaran secara efektif.


Dalam konteks penggunaan eRKAM V.2 di madrasah, seringkali muncul masalah yang terkait dengan sisa saldo yang masih ada meskipun belanja anggaran telah habis atau mencapai 0%. Hal ini bisa menjadi sebuah masalah yang membingungkan dan memerlukan penanganan yang tepat.

Berikut ini admin akan berbagi pengalaman pribadi terkait dengan masalah yang admin sebutkan diatas yakni belanja anggaran sudah habis atau 0% akan tetapi masih terlihat sisa saldo. sisa saldo ini bisa minus atau bisa juga kelebihan anggaran. Kasusnya bisa dilihat seperti gambar dibawah ini.

gambar 1


gambar 2


Bisa kita lihat bersama di gambar1, disana total pendapatan dan total belanja sudah sama dan saldo sudah 0%. Akan tetapi terlihat pada gambar2 dibawah dashboard tersebut masih ada sisa saldonya. Admin sempat bingung bagaimana cara mengatasi hal tersebut.

Setelah beberapa jam diskusi dibeberapa forum terkait dengan tersebut akhir admin bisa mendapatkan rahasia cara mengatasi masalah tersebut. Yang menjadi pertanyaannya Bagaimana Cara/Langkah Menyelesaikan atau Mengatasi Minus & Sisa Saldo Anggaran Belanja di eRKAM V.2 ?

Langsung saja admin akan berbagi cara mengatasi hal tersebut berdasarkan pengalaman yang admin praktikkan langsung sebelum artikel ini dibuat.

Adapun Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Silahkan login ke akun eRKAM anda ( baik akun kamad atau bendahara ).

2. Setelah masuk silahkan bapak/ibu/teman-teman semuanya cek di menu REALISASI kemudian pilih PENGELUARAN PENDAPATAN.


3. Silahkan cek SUMBER DANA dan TOTAL. 

Jumlah Sumber Dana dan Total harus Sama

Jika terdapat ada selisih angka pada SUMBER DANA dan TOTOL silahkan di perbaiki. bisa di edit atau di hapus dan input ulang. 

4. Lakukan hal yang sama pada item-item yang lain, kalau sudah tinggal di setujui kembali di akun Kepala Madrasah.


Nah itulah Langkah-langkah Mengatasi Minus & Sisa Saldo Anggaran Belanja di eRKAM V.2 yang bisa admin bagikan berdasarkan pengalaman pribadi. Jika ada yang belum dipahami silahkan kita diskusikan di kolom komentar.