BOP Untuk 28 Ribu Lebih Raudlatul Athfal Cair Sebesar Rp. 381 Milyar



BOP Untuk 28 Ribu Lebih Raudlatul Athfal Cair Sebesar Rp. 381 Milyar

Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) RA Tahun 2023 akan segera cair. BOP ini sangat penting untuk membantu biaya operasional dan pembelajaran di RA, yang merupakan lembaga pendidikan setingkat Taman Kanak-kanak yang menjadi binaan Kementerian Agama.

Dalam pencairan BOP RA tahap I ini, ada 28.841 RA di seluruh Indonesia yang akan menerima anggaran sebesar Rp381 miliar yang akan diperuntukkan bagi 1.270.963 siswa RA. Setiap RA harus menjalankan mekanisme yang dituangkan dalam Pedoman, mulai dari upload berkas administrasi, verifikasi, hingga teknis pencairan di bank.

Proses pencairan dilakukan dalam dua tahap, dan Kementerian Agama berupaya agar pencairan tahap I selesai sebelum libur lebaran. Semoga dengan adanya BOP ini, RA dapat beroperasi dengan baik dan memberikan pendidikan yang berkualitas untuk anak-anak Indonesia.

Papay Supriatna, Kepala Subdirektorat Pengelolaan Kelembagaan dan Kerja Sama di Direktorat KSKK Madrasah, yang bertanggung jawab atas pengelolaan dana BOP RA, menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan, termasuk dalam pencairan dana BOP. Hal ini dikarenakan dana BOP menjadi sumber pembiayaan yang penting bagi pelaksanaan pembelajaran di tingkat RA.

"Pihak kami terus berkoordinasi dengan pengelola BOP RA di tingkat kabupaten/kota, provinsi, tim di Direktorat KSKK, dan juga bank penyalur (RPL) untuk mempercepat pencairan dana BOP sehingga RA bisa langsung memanfaatkannya sesuai dengan Juknis," katanya.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama untuk mempercepat pencairan dana BOP RA Tahun Anggaran 2023, termasuk Tim BOS Kementerian Agama RI, pihak KPPN Kementerian Keuangan, lembaga penyalur, dan tim BOS kabupaten/kota serta provinsi," tambahnya.