Langkah Awal Persiapan ANBK Utama Jenjang SD/MI 2021
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Seperti yang kita ketahui bersama
bahwa Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh
Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan
output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.
Kemudian Asesmen Nasional tersebut dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar
Adapun Bentuk soal Asesmen Nasional diantaranya Pilihan ganda, Pilihan Ganda Kompleks,Menjodohkan,Isian Singkat dan Uraian.
Berkaitan dengan Asesmen Nasional, disini admin akan menjelaskan Langkah Awal Persiapan ANBK Utama Jenjang SD/MI 2021. Kenapa admin bahas mengenai ini, karena untuk jadwal ANBK jenjang SD/MI akan dimulai Hari Senin, 15 -25 November 2021.
Sebelum pelaksanaan ANBK tentunya kita harus mempersiapkan segala keperluan yang dibutuhkan baik itu administri atau lainnya. Oleh karena itulah admin mencoba untuk menjelaskan Langkah-langkah Awal Periapan ANBK Utama Jenjang SD/MI 2021. Baik langsung saja teman-teman…..
Langkah Pertama “ Persiapan Administrasi “
Seperti pelaksanaan Ujian Sekolah/Madrasah tentunya di ANBK ini juga harus ada administrasi yang dibuatkan, seperti :
- SK Panitia
- SK Protor
- SK Teknisi
- Tata Tertib Peserta
- TataTertib Pengawas
- Dan lain sebagainya.
Untuk File Administrasinya teman-teman bisa mengunduhnya pada artikel sebelumnya atau bisa cek dibawah ini.
Baca juga : Download AdministrasiANBK 2021 Siap Pakai
Setelah teman-teman download silahkan diedit dan disesuaikan dengan lembaga masing-masing.
Langkah Kedua “ Urutan Kerja ANBK UTAMA “
Sebelum kita mulai pelaksanaan ANBK UTAMA ada beberapa urutan atau hal yang harus dilakukan oleh teman-teman proktor, yaitu :
- Pengaturan Sesi
- Mendownload Rekap Data Sesi
- Singkronisasi ( bagi yang moda Semi Online , jadwal cek di web ANBK masing-masing )
- Mencetak kartu login peserta ( untuk mencetak kartu login peserta tunggu dulu tanggalnya muncul di kartu peserta, atau 1 hari sebelum pelaksanaan )
- Mengisi , mencetak , menguploud Berita Acara dan Daftar Hadir Peserta setiap akhir sesi dan juga merequst peserta cadangan ( jika ada ).
- Menguploud Jawaban bagi yang semi online, kalau yang online tinggal log out saja apabila sudah selesai.
Demikian yang bisa admin posting kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa share informasi ini agar bermanfaat untuk oranglain.
Jika teman-teman mau berlanganan silahakan saja klik FOLLOW /IKUTI agar setiap update terbaru dari blog ini maka teman-teman lah yang pertama mendapatkannya.
Dan jika ada pertanyaan atau saran kritik dari teman-teman maka silahkan tulis di kolom komentar dibawah. Terima kasih.