Rahasia Sukses Menaikkan Kelas Jenjang RA di Emis 4.0 Tahun 2023 yang Wajib Dicoba!

Sinyalabidnet- Sebelum memasukkan data siswa baru atau melakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) ke dalam EMIS 4.0, sangat penting untuk mengikuti langkah-langkah atau tahapan yang benar guna memastikan data terkelola dengan baik. Adapun 4 tahapan ini wajib dilakukan yaitu :

  1. Meluluskan Siswa
  2. Menaikkan Siswa
  3. Membuat Rombel dan Memasukkan Siswa Dalam Rombel
  4. Entri Data Siswa PPDB


Dari keempat tahapan diatas wajib dilakukan karena jika salah satu tahapan diatas tidak dilakukan maka akan berdampak kepada proses selanjutnya, jadi harus sesuai dengan SOP diatas ya...

Baik untuk point 1 kita tidak akan bahas pada artikel ini, disini admin akan fokus bagaimana proses menaikkan siswa di emis 4.0 khususnya jenjang RA, karena mungkin proses kenaikan siswa di RA berbeda dengan proses kenaikan siswa pada jenjang yang lain ( MI, MTs, MA ).

Jika pada madrasah jenjang ( MI, MTs, MA ) proses kenaikan kelas dilakukan pada menu Daftar Siswa >> Akademik >> Kenaikan Kelas. Nah untuk jenjang RA memang sedikit berbeda, untuk proses kenaikan kelasnya bisa dilakukan pada menu Daftar Siswa >> Akademik >> Kelulusan


Dari gambar diatas jelas sekali bukan perbedaannya, kita lanjut saja ketahap selanjutnya, setelah teman-teman operator jenjang RA masuk ke menu kelulusan silahkan lakukan proses penyeleksian ( naik dan tidak naik ). lihat gambar dibawah ini.


Pada gambar diatas pada menu BELUM DI PROSES akan ada 2 pilihan yakni MELANJUTKAN DI LEMBAGA INI & LULUSKAN, serta ada piliha KELOMPOK B, KELOMPOK A disebelah kanan.

Jika ada siswa yang tidak naik kelas maka piliha pada kolom 2 silahkan pilih KELOMPOK A, tapi jika semuanya naik kelas silahkan pilih KELOMPOK B.

Kemudian jika ada yang ingin diluluskan di dari kelompok A yang akan naik kelas ini pada kolom pertama silahkan memilih LULUSKAN.

Jika sudah silahkan tekan tombol PROSES pada pojok kanan bawah.

Nah itulah sedikit Rahasia Sukses Menaikkan Kelas Jenjang RA di Emis 4.0 Tahun 2023 yang Wajib Dicoba!, jika masih ada masalah silahkan berkomentar saja.