Kementerian Agama Buka Pendaftaran Beasiswa Gelar Indonesia Bangkit (BIB) Tahun 2023



Kementerian Agama telah membuka pendaftaran seleksi untuk Program Gelar Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) tahun 2023. Pendaftaran dapat dilakukan mulai tanggal 5 hingga 25 Juni 2023.

Program Gelar Beasiswa adalah program pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para penerima beasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana (S1), magister (S2), dan doktor (S3) di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri. Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh (full scholarship) bagi peserta yang lulus seleksi dan memenuhi persyaratan keberangkatan untuk melanjutkan pendidikan S1, S2, atau S3 di perguruan tinggi yang ditunjuk oleh Kementerian Agama.

"Saya dengan senang hati mengumumkan bahwa kami kembali membuka seleksi Program Gelar BIB 2023. Pendaftaran dapat dilakukan mulai tanggal 5 hingga 25 Juni 2023," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Nizar Ali, di Jakarta, pada hari Selasa (30/5/2023).

"Program Gelar BIB 2023 ini difokuskan untuk para pemangku kepentingan di lingkungan Kementerian Agama. Namun, beasiswa ini juga terbuka untuk semua agama," tambahnya.

Menurut Nizar, Program Gelar BIB 2023 bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing pendidikan keagamaan dari tingkat dasar hingga pendidikan tinggi. Program ini juga bertujuan untuk memperluas akses bagi pemangku kepentingan Pendidikan Agama dan Keagamaan untuk melanjutkan pendidikan mereka melalui jalur beasiswa, baik di dalam maupun di luar negeri.

"Ini adalah upaya kami untuk memberikan kesempatan kepada mereka yang telah berkontribusi dalam pendidikan agama dan keagamaan untuk mendapatkan akses beasiswa S1, S2, atau S3," tegasnya.

"Informasi mengenai jenis, ketentuan, dan persyaratan pendaftaran Program Gelar BIB 2023 dapat diakses melalui Aplikasi Superapp Pusaka Kementerian Agama pada menu Layanan Terpadu dengan judul 'Beasiswa Indonesia Bangkit'," tambahnya.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, M. Ali Ramdhani, menambahkan bahwa proses seleksi penerima Program Gelar BIB 2023 akan dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama adalah seleksi administrasi yang akan berlangsung pada 26 Juni hingga 2 Juli 2023. "Hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada tanggal 5 Juli 2023," jelasnya.

Tahap kedua adalah seleksi skolastik dan psikotes, yang diikuti oleh peserta yang lolos seleksi administrasi. Tahap ini akan dilaksanakan pada 7 hingga 12 Juli 2023.

"Dan tahap ketiga adalah seleksi wawancara yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 hingga 21 Juli 2023," tambah M. Ali Ramdhani.

"Hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 31 Juli 2023," lanjutnya.

M. Ali Ramdhani juga menambahkan bahwa komponen beasiswa yang disediakan mencakup beberapa hal berikut:

1. Biaya Pendidikan
a. Biaya Pendaftaran
b. Biaya SPP (Tuition Fee)
c. Bantuan Penelitian Skripsi/Tesis/Disertasi
d. Bantuan Seminar Internasional (S2/S3)
e. Bantuan Publikasi Jurnal Internasional (S2/S3)

2. Biaya Pendukung
a. Transportasi
b. Asuransi Kesehatan
c. Biaya Hidup Bulanan (Living Cost)
d. Settlement Allowance
e. Family Allowance (S3)
f. Biaya Aplikasi Visa/Residence Permit (LN)
g. Dana Darurat

3. Biaya Tambahan (Disabilitas)
a. Biaya Transportasi Pendamping
b. Biaya Asuransi Kesehatan Pendamping
c. Biaya Pendukung Lainnya yang disetujui

4. Biaya Peningkatan Kemampuan Bahasa (Afirmasi)
a. Biaya Program
b. Biaya Hidup Bulanan
c. Biaya Transportasi

Source: https://kemenag.go.id/